Assalamu'alaikum Wr Wb

Perkenalkan saya, Imron dari PT. Mizan Dian Semesta (MDS).
Salah satu unit usaha dari Mizan Publika yang bergerak dalam penjualan buku-buku secara eksklusif.

Kami berusaha membantu keluarga muslim untuk menciptakan kegiatan belajar di rumah dengan menyediakan buku-buku bermutu untuk:
1 .Menanamkan pemahaman-pemahaman dasar kemandirian, nilai-nilai spiritual, EQ dan SQ pada anak sejak balita.
2 .Merangsang anak untuk menyukai buku dan ilmu pengetahuan.

3. Disajikan dalam kerangka tauhid (menggabungkan pengetahuan dan agama)
4. Memaksimalkan seluruh potensi kecerdasan (IQ, SQ dan EQ)

Semoga bermanfaat.

Wassalam

Imron
Book Advisor

Kamis, 28 Agustus 2008

CERITA DIBALIK ILUSTRASI COVER BUKU

CERITA DIBALIKILUSTRASI COVER BUKU
I Love My Al-QURAN
Penulis: Ana P. Dewiyana (Pelangi Mizan)

Keunikan produk I Love my Al-Quran tidak ada habis-habisnya untuk digali. Kali ini, kami memperkenalkan salah satu keunikannya, yaitu tentang cover buku-buku I Love my Al-Quran. Cover-cover tersebut berhiaskan ilustrasi yang bergaya dekoratif dengan warna-warna doft dengan karakter anak-anak.
Dari cover-cover tersebut, kita dapat menggali cerita yang beraneka ragam. Cerita tersebut berupa kisah-kisah para Nabi dan kisah Ashabul Kahfi. Berikut urutan tema kisah-kisah tersebut:
Ilustrasi di jilid 1: kisah Nabi Nuh as. dan umatnya.
Ilustrasi di jilid 2: kisah Nabi Yunus as. dan Paus.
Ilustrasi di jilid 3: kisah Nabi Yusuf as. yang dimasukan ke dalam sumur oleh saudara-saudaranya.
Ilustrasi di jilid 4: kisah Nabi Ismail as. saat masih bayi. Ketika itu, Ibunya, Siti Hajar, mencari-cari air untuk Nabi Ismail. Setelah berlari ke sana ke mari, akhirnya Allah Swt. memberi petunjuk, air memancar dari bawah tepalak kaki Nabi Ismail. Air tersebut dinamakan air zam zam.
Ilustrasi di jilid 5: kisah Ashabul Kahfi as., Tujuh Pemuda dan Anjing yang tertidur di dalam gua selama 309 tahun.
Ilustrasi di jilid 6: kisah Nabi Musa as. yang membelah laut saat dikejar Raja Fir’aun.
Ilustrasi di jilid 7: kisah Nabi Isa as. dan burung Bul-bul. Nabi Isa meniupkan ruh ke burung Bul-bul yang masih berupa tanah liat sehingga burung itu hidup.
Ilustrasi di jilid 8: kisah Nabi Ibrahim as. yang dibakar hidup-hidup oleh Raja Namrud.
Ilustrasi di jilid 9: kisah Nabi Musa as. saat beliau masih bayi yang dihanyutkan ke sungai.
Ilustrasi di jilid 10: Nabi Shaleh as. dan unta mukjizat dari batu Gunung.
Ilustrasi di jilid 11: kisah kematian Nabi Sulaiman as. yang tidak diketahui oleh seluruh makhluk Allah Swt. termasuk bangsa Jin.
Ilustrasi di jilid 12: kisah Nabi Daud as. saat masih muda dan Thalut.
Ilustrasi di jilid 13:kisah Raja Abrahah yang menyerang Ka’bah. Saat itu bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad Saw.
Ilustrasi di jilid 14: kisah Nabi yang bisa berkomunikasi dengan bintang, yaitu Nabi Sulaiman as. Dalam perjalanan, beliau melewati sarang semut. Nabi Sulaiman berbicara kepada semut-semut itu bahwa beliau dan pasukannya tidak akan menginjak atau menyakiti semut-semut itu.
Ilustrasi di jilid 15: Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim as. Saat itu, Allah Swt. memerintahkan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan Nabi Ismail. Namun, setelah keikhlasan menyelubungi mereka, Allah Swt. pun menggantikan Nabi Ismail dengan domba.

Bagaimana, cara membuat ceritanya?
Jika belum tahu banyak cerita-cerita di atas, terlebih dahulu baca buku Nabiku Idolaku terbitan Pelangi Mizan.
Baca juga terjemahan atau kandungan ayat di I Love my Al-Quran yang menceritakan kisah-kisah di atas.
Baca juga Ensiklopedi Bocah Muslim, Jilid Tokoh Idolaku. Di sana diceritakan tentang kisah para nabi.
Baca juga kisah-kisah binatang dan para nabi di buku-buku Cerita Binatang Berima Dua Bahasa I Love my Al-Quran.
Buat mind maping tentang ide-ide yang disampaikan dalam cerita tersebut.
Tulis ide-ide tersebut dalam bentuk cerita pendek atau panjang.

Bagaimana, sih, cara berceritanya?
Cerita yang sudah ditulis dapat diceritakan ulang di depan anggota keluarga atau teman-temannya.
Cerita juga dapat disampaikan dengan memperlihatkan ilustrasinya saja (story telling/mendongeng).
Saat bercerita dapat diiringi dengan musik.

Kegiatan-kegiatan di atas dapat mengembangkan beberapa aspek kecerdasan anak seperti:
1. KECERDASAN VISUAL ANAK
2. KECERDASAN LINGUISTIK ANAK
3. RUANG IMAJINASI ANAK
4. DAYA NALAR ANAK
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: